20
Feb

UJICOBA INDEKS KESIAPSIAGAAN KEDARURATAN  PENGELOLAAN LIMBAH B3

Penerapan Sistem Tanggap Darurat Pengelolaan Limbah B3 (PLB3) penting dilaksanakan untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya Kedaruratan Pengelolaan Limbah B3. Pada Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 Pasal 1 angka 25 menyebutkan bahwa Sistem Tanggap Darurat adalah sistem pengendalian keadaan darurat yang meliputi pencegahan, kesiapsiagaan, dan penanggulangan kecelakaan serta pemulihan kualitas lingkungan hidup akibat kejadian kecelakaan Pengelolaan Limbah B3. Di dalam ketentuan peraturan tersebut disebutkan bahwa Setiap Orang yang menghasilkan Limbah B3, Pengumpul Limbah B3, Pemanfaat Limbah B3, Pengangkut Limbah B3, Pengolah Limbah B3, dan/atau Penimbun Limbah  B3 wajib memiliki Sistem Tanggap Darurat yang terdiri atas:

  1. penyusunan program kedaruratan PLB3;
  2. pelatihan dan geladi kedaruratan PLB3; dan
  3. penanggulangan kedaruratan PLB3.

Unit kerja Direktorat Pemulihan Kontaminasi dan Tanggap Darurat Limbah B3, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berupaya untuk mendorong penerapan Sistem Tanggap Darurat PLB3 melalui berbagai program kerja. Salah satunya melalui pengembangan Indeks Kesiapsiagaan Kedaruratan PLB3. Indeks tersebut digunakan sebagai salah satu perangkat untuk melihat potret penerapan Sistem Tanggap Darurat di berbagai wilayah kerja. Informasi yang diperoleh tersebut digunakan sebagai bahan perumusan kebijakan, penyusunan  program kedaruratan PLB3 serta sebagai feedback bagi perbaikan kinerja Sistem Tanggap Darurat pada tahun-tahun berikutnya. Penentuan kriteria indeks didasarkan pada kewajiban Sistem Tanggap Darurat PLB3 sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah B3.

Indeks Kesiapsiagaan Kedaruratan Pengelolaan Limbah B3 yang disusun pada tahun 2017 telah melalui berbagai rangkaian kegiatan yaitu penentuan kriteria dan pembobotan yang melibatkan pakar dan unit kerja terkait. Mekanisme pegumpulan, analisis dan penyajian data dilakukan secara online melaui aplikasi Indeks Kesiapsiagaan Kedaruratan Pengelolaan Limbah B3. Pada akhir pekerjaan, dilakukan uji coba untuk mengetahui kemudahan penggunaan aplikasi sekaligus mendapatkan masukan substansial terkait kriteria yang digunakan.

Uji Coba Indeks Kesiapsiagaan Kedaruratan Pengelolaan Limbah B3 dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2017 bertempat di Hotel Permata, Bogor. Kegiatan tersebut melibatkan sekitar 60 perusahaan dari berbagai sektor di berbagai wilayah Indonesia. Sebagian besar perusahaan adalah peserta Proper. Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Qurie Purnamasari selaku Direktur Pemulihan Kontaminasi dan Tanggap Darurat Limbah B3. Pada arahannya, Ibu Qurie menghimbau agar perusahaan dapat menyampaikan datanya secara jujur sehingga dapat digunakan sebagai basis data yang objektif. Nilai Indeks Kesiapsiagaan Kedaruratan PLB3 hasil uji coba sementara menunjukkan bahwa sebagian besar perusahaan telah menerapkan Sistem Tanggap Darurat dengan sangat baik.

Leave a Reply

You are donating to : Greennature Foundation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
paypalstripe
Loading...