03
Oct

Ririungan Warga: Menuju Cinangka Bebas Sampah dan Limbah B3

Kegiatan peleburan aki bekas ilegal banyak dilakukan oleh warga Desa Cinangka, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor selama bertahun – tahun tanpa memperdulikan kesehatan, keselamatan kerja, dan dampak lingkungan. Sisa dari peleburan aki bekas tersebut dibuang di berbagai tempat dan sebagian digunakan sebagai bahan timbunan dan bahan turap. Tanpa disadari hal ini menyebabkan kontaminasi terhadap tanah-tanah di wilayah Desa Cinangka.

Pada tahun 2016 Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah memfasilitasi pembersihan lahan terkontaminasi limbah B3 di Desa Cinangka, Kec. Ciampea, Kab. Bogor dengan kuantitas 928 ton melalui metode pemanfaatan sebagai subsitusi bahan baku pembuatan bata merah oleh pihak pengelola Limbah B3 yang berizin.

Dengan selesainya pelaksanaan pembersihan di Desa Cinangka tersebut maka diadakan kegiatan pendukung / sosialisasi yang ditujukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang resiko kesehatan akibat Limbah B3 dan sampah. Kegiatan tersebut diberi tema “Ririungan warga : Menuju Cinangka Bebas Limbah B3 dan Sampah” yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Penggelolaan Sampah, Limbah, dan B3 (PSLB3). Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Direktorat Pengelolaan Sampah, direktorat terkait di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor.

Kegiatan ririungan tersebut di hadiri oleh elemen masyarakat Desa Cinangka, Camat Ciampea, Kepala Desa Cinangka, Kapolsek Ciampea, PKK Desa Cinangka, Kelompok Masyarakat Cinangka, Forum Peduli Cinangka, dan Karang taruna, Pemerintah Daerah Kab. Bogor, BLH Kab. Bogor, Dinas Kesehatan Kab. Bogor, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kab. Bogor, Dinas Koperasi, Perindutsrian, dan Perdangangan Kab. Bogor, Bappeda Kab. Bogor, Biro Humas KLHK, Penyuluh Kehutanan KLHK, dan BPDAS-HL Citarum Ciliwung. Secara keseluruhan undangan yang hadir kurang lebih berjumlah 148 orang.

Tuti Hendrawati Mintarsih selaku Dirjen PSLB3 dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemulihan lahan terkontaminasi limbah B3 yang dilaksanakan di Desa Cinangka, merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh pemerintah. Namun mengingat jumlah lahan yang terkontaminasi di seluruh Indonesia sangat banyak dan tersebar, maka pemerintah tidak bisa memfasilitasi pemulihan secara terus menerus  dalam satu wilayah. Oleh sebab itu pemerintah berupaya mengendalikan sumber pencemarnya sebagai tindakan preventif yang harus segera dilakukan.

Dalam agenda ririungan tersebut dilakukan pelatihan daur ulang sampah menjadi produk yang lebih bernilai, penyerahan 200 bibit pohon secara seremonial oleh Kepala BPDAS-HL Citarum Ciliwung, dan pemberian 6 unit tempat sampah terpilah oleh Dirjen PSLB3 kepada Kepala Desa Cinangka. Adapun berkaitan dengan pembersihan lahan terkontaminasi limbah B3 dilakukan penandatanganan bersama Berita Acara Serah Terima Hibah Barang Milik Negara (BMN) oleh Setditjen PSLB3 Bapak Ade Palguna Ruteka dan Bapak Ronny Sukmana selaku Kepala BLH Kabupaten Bogor. BMN yang diserahkan berupa Turap pada lokasi pembersihan lahan terkontaminasi limbah B3 dan Sumur pantau sejumlah 3 (tiga) titik pada sekitar lokasi tersebut.

Leave a Reply

You are donating to : Greennature Foundation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
paypalstripe
Loading...